Minggu, 11 November 2012

Tetang Linux

Alasan menggunakan Linux

Pertama kali mengenal Linux dari dosen saya yang mengajar mata kuliah Kimia Komputasi sekaligus Dosen pembimbing untuk tugas akhir saya. Dari awal beliau cerita dan berbicara tentang linux, membuat saya penasaran dan ingin mencoba menggunakannya. "kalau sudah biasa menggunakan Linux, maka untuk kembali menggunakan Wi****s akan malas (tidak suka lagi)" itu kata-kata beliau yang sering saya ingat. Namun  apa benar demikian??

Awal-awal menggunakan Linux, saya sedikit kerepotan maklum sebagian operasinya harus melalui terminal. Namun karena penasaran dan rasa ingin tahu (maklum sesuatu yang baru), membuat saya terus mencoba dan belajar. Lama kelamaan saya menemukan alasan untuk suka sama Linux dan  alasan kuat untuk tetap menggukanan Linux.

Untuk saya pribadi(tidak tahu yang lain) ada beberapa keuntungan menggunakan OS Linux.
Pertama, sejauh yang saya tahu Linux gratis (free) artinya untuk medapatkan Linux tidak perlu mengeluarkan uang se sen pun. Mungkin anda akan bilang"wi****s saya pake juga gratis". Ahaa, sebenarnya untuk wi***s berbayar, untuk paket starternya saja minimal 500 ribu rupiah belum lagi untuk software-software pendukungnya. Jadi, kalau hari ini anda menggunakan yang gratis, berarti yang anda gunakan itu sudah pasti bajakan alias Palsu.
Kedua, linux berbasis opensource,  artinya linux bebas dikembangkan bahkan sesuai keinginan kita, misalnya disesuaikan dengan penggunaan untuk sebuah kantor. Hal ini tidak ditemukan pada sistem operasi lain.
Ketiga, linux memiliki software repositories. Untuk para pengguna Linux istilah ini sudah tidak asing lagi. Software repositories adalah kumpulan ribuan aplikasi siap pakai yang disediakan oleh distro Linux dan siap diinstal. Bagi saya, hal ini sangat memudahkan dalam menggunakan aplikasi yang sayabutuhkan. Saya tidak perlu mencari-cari aplikasi(apalagi yang bajakan), membeli (walaupun tidak pernah), kemudian memasangnya di komputer. Ada ribuan aplikasi yang siap pakai sesuai kebutuhan kita.
Keempat, keamanan data lebih terjamin. Selama saya menggunakan Linux (walau baru beberapa bulan), belum pernah  berurusan dengan yang namanya Virus. Virus yang berkembang saat ini, kebanyakan dan pada umumnya adalah virus yang dikembangkan untuk menyerang OS Wi***s, (makanya teman-teman pengguna Wi***s berhati-hatilah..hehehe), Sehingga data-data sudah pasti aman. Saat ini jika ada yang bertanya apa anti virus terbaik? Jawabannya sudah pasti LINUX.
Kelima, Pengguna Linux memiliki dukungan komunitas yang besar. Ada banyak permasalahan yang saya temukan ketika berinteraksi dengan linux (termasuk ketika mengerjakan tugas akhir) yang bisa langsung disharekan dengan komunitas pengguna linux dan biasanya langsung mendapatkan respon. Itulah hebatnya Linux dan masih banyak lagi yang lainnya.
Untuk teman-teman yang lainnya untuk merasakan pengalaman yang sama, silahkan menggunakan LINUX.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pengunjung